STANDAR PELAYANAN PUSKESMAS

By ADMIN-PKM SECURAI 26 Jul 2022, 22:08:43 WIB

STANDAR PELAYANAN KASIR

 

A.    Standar Pelayanan yang terkait dengan pelayanan (Service Delivery)

 

NO

KOMPONEN

URAIAN

1

Persyaratan

1.     Pasien umum

2.     Lembar resep

3.     Lembar retribusi

2

Prosedur

1.     Pasien atau keluarga didampingi petugas mendatangi petugas kasir sambil menyerahkan lembar retribusi

2.     Petugas melakukan pengecekan lembar retribusi

3.     Penyelesaian administrasi pembayaran

3

Waktu Pelayanan

Pasien rawat jalan : 2 menit

4

Biaya / Tarif

Sesuai tindakan di ruang pelayanan

5

Produk Layanan

Pelayanan kasir

6

Penanganan Pengaduan, saran dan masukan

1.     SMS center dan telepon : 0813 6267 0777

2.     Email : securaipkm@gmail.com

3.     Website : http://pkm-securai.langkatkab.go.id

4.     Secara tertulis melalui : kotak saran atau surat yang ditujukan kepada Kepala UPT Puskesmas Securai

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

B.    Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan pelayanan (MANUFACTURING)

 

1

Dasar Hukum

1.     UU nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan

2.     PP RI no 72 tahun 2012 tentang Sistem Kesehatan Nasional

3.     Permenkes no 001 tahun 2012 tentang Sistem Rujukan Pelayanan Kesehatan Perorangan

4.     Permenkes no. 43 tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Minimal

5.     Permenkes no. 27 tahun 2019 tentang perubahan kedua atas peraturan permenkes no 46 tahun 2015 tentang akreditasi puskesmas, klinik pratama tempat praktik mandiri dokter dan tempat praktek mandiri dokter gigi

6.     Permenkes no 43 tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat

2

Sasaran Prasarana dan atau Fasilitas

1.     ATK

2.     Ruangan dan kelengkapannya

3.     Buku kasir

3

Kompetensi Pelaksana

Minimal lulusan SMA yang sudah diberi orientasi tentang ketugasan di kasir atau tenaga kesehatan yang telah dilatih

4

Pengawas Internal

1.     Supervisi oleh atasan langsung

2.     Tim audit interal

5

Jumlah Pelaksana

Petugas kasir : 1 orang Bendahara penerimaan : 1 orang

6

Jaminan Pelayanan

Pelayanan yang diberikan secara cepat, aman dan dapat dipertanggungjawabkan (sesuai dengan standar pelayanan)

7

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

1.     Informasi tentang rekam medis pasien dijamin kerahasiaanya,

2.     Pembayaran sesuai Peraturan Bupati Langkat

8

Evaluasi Kinerja Pelaksana

1.     Minilokarya bulanan

2.     RTM

3.     Evaluasi atasan langsung

4.     Survei Indeks Kepuasan masyarakat setiap 6 bulan sekali